Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Private DNS, Alternatif VPN Untuk Trobos Blokiran TrustPositif

Private DNS, Alternatif VPN Untuk Trobos Blokiran TrustPositif



Saat ini ada ribuan domain situs web yang telah diblokir kominfo. Kebanyakan situs web yang diblokir memang situs web yang seharusnya tidak dikunjungi karena berisi konten ilegal seperti perjudian.

Sayangnya, pembokiran tanpa penghapusan/penyitaan nama domain tidak bisa menghentikan akses ke domain situs web yang dibloki. Ada ratusan penyedia layanan VPN gratis hingga berbayar yang dapat digunakan untuk masuk ke domain yang sudah diblokir oleh Kominfo dengan TrustPositif-nya. Salah satu penyedia VPN terkenal, HideMe, bahkan memberikan akses full speed ke semua penggunanya termasuk pengguna gratis.

Selain VPN, cara lain yang dapat digunakan masyarakat untuk menerobos blokiran TrustPositif Kominfo adalah dengan Private DNS.

Apa itu Private DNS?

Private DNS adalah layanan DNS (Domain Name System) yang membuat penggunaan World Wide Web lebih cepat dan lebih aman. Private DNS tidak menggunakan aplikasi/software untuk digunakan dan tidak memakai nameserver DNS konvensional seperti BIND, melainkan mengandalkan implementasi yang dirancang khusus sesuai dengan standar DNS yang ditetapkan oleh IETF (Internet Engineering Task Force).

Desember 2009, Google DNS resmi diluncurkan dan diumumkan di postingan blog Google oleh manajer produk, Prem Ramaswami. Pada Januari 2019, Google mengadopsi DNS melalui protokol TLS. Saat ini Google DNS menjadi layanan DNS gratis yang paling populer di dunia.


Dengan menggunakan DNS milik Google Anda dapat dengan mudahnya menjebol filter TrustPositif Kominfo. Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan online seperti browsing ke situs web yang diblokir oleh provider, browsing ke situs web yang memblokir IP Indonesia, streaming, hingga download dan upload.


Bagaimana cara menggunakan Private DNS?

Sangat mudah, Anda cukup masuk ke pengaturan ponsel, lalu atur DNS dengan DNS Pribadi dan mengetikkan link DNS milik Google. Sedangkan di laptop/pc Anda perlu masuk ke Wireless Network Connection dan mengubahnya di bagian TCP/IPv4. Untuk lebih jelasnya, simak panduan dibawah ini.

Cara Menggunakan Private DNS di Android

1. Buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Sambungan Nirkabel Lainnya atau menu serupa (setiap merek ponsel memiliki nama berbeda-beda) intinya, didalam menu ini ada pengaturan DNS.



2. Setelah Anda menemukannya, pilih DNS Pribadi.

3. Isi kolom DNS dengan link DNS milik Google.

4. Selesai.

Agar berfungsi sempurna, akhitkan mode pesawat selama beberapa detik, kemudian aktifkan kembali internet Anda. Sekarang cobalah untuk mengakses situs web yang diblokir provider atau kominfo, apabila halaman situs web terbuka maka Anda telah berhasil menggunakannya.

Cara Menggunakan Private DNS di Laptop/PC

1. Klik kanan pada ikon WiFi atau LAN yang ada di taskbar.

2. Buka Pengaturan Jaringan & Internet.

3. Klik menu Change adapter options.

4. Pilih koneksi yang sedang Anda gunakan (yang bertanda bar hijau).

5. Klik kanan koneksi tersebut dan pilih Properties.

6. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik Properties

7. Pilih Use the following DNS server address lalu isi Preferred DNS server dan Alternate DNS server dengan Private DNS milik Google.

8. Klik OK dan selesai.

Setelah Anda merubah DNS, keluar dari semua browser dan buka lagi. Ini dilakukan agar browser mendeteksi DNS baru yang Anda terapkan. Cobalah untuk mengakses situs web yang diblokir, jika terbuka maka Anda telah berhasil.

Diatas adalah cara trobos blokiran TrustPositif Kominfo menggunakan Private DNS. Kabar baiknya, DNS yang disediakan Google ini 100% gratis dan tidak memiliki batasan kuota (unlimited), selain itu koneksi yang diberikan oleh Google tanpa FUP (Fair Usage Policy) yang artinya seberapa pun banyaknya Anda menggunakan koneksi, tidak akan mempengaruhi/memperlambat koneksi internet Anda.


Adakah Ada Penyedia Private DNS Gratis Selain Google?

Ada, bahkan banyak. Perusahaan teknologi terkemuka banyak yang menyediakan Private DNS untuk digunakan siapapun secara gratis. Beberapa bahkan sudah populer dan digunakan oleh gamer untuk menghindari koneksi lemot atau ping low. Beberapa penyedia Private DNS gratis bisa Anda lihat dibawah ini.

Private DNS untuk Android
dns.google
dns.google.com
1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com
security.cloudflare-dns.com
family.cloudflare-dns.com
dns.adguard.com
dns-family.adguard.com
dns-unfiltered.adguard.com
family-filter-dns.cleanbrowsing.org
adult-filter-dns.cleanbrowsing.org
security-filter-dns.cleanbrowsing.org
dns.quad9.net
dns10.quad9.net
dns11.quad9.net
private.canadianshield.cira.ca
protected.canadianshield.cira.ca
dot-jp.blahdns.com
dot-de.blahdns.com
dot-fi.blahdns.com
p0.freedns.controld.com
p1.freedns.controld.com
p2.freedns.controld.com
p3.freedns.controld.com
dns.switch.ch
ordns.he.net



Private DNS untuk Laptop/PC
Cloudflare DNS
Control D
Quad9
OpenDNS
Clean Browsing
Alternate DNS
AdGuard DNS

Untuk komputer, Anda bisa menemukan Preferred DNS dan Alternate DNS di masing-masing situs web penyedia.
Open Comments

Posting Komentar untuk "Private DNS, Alternatif VPN Untuk Trobos Blokiran TrustPositif"