Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Cepat Mencari File di Windows Tanpa Loading

Cara Cepat Mencari File di Windows Tanpa Loading



Sering kali saat ingin mencari file di File Explorer, tetapi tidak mendapat hasil bahkan File Explorer selalu loading hingga not responding. Jika Andda sering mengalami hal ini, Ana bukanlah orang satu-satunya. Banyak orang yang juga mengalami hal serupa karena fitur pencarian file di File Explorer Windows terbilang berat.

Sejatinya, fitur pencarian file di File Explorer Windows dirancang untuk menemukan seluruh nama folder dan file termasuk juga ektensinya. Karena hal itu, Windows membutuhkan waktu untuk proses scanning ke seluruh direktori Semakin banyak file ddan folder di komputer atau laptop Anda, semakin lama proses pencariannya.

Untuk mempercepat pencarian file di Windows, Anda perlu melakukan sedikit pengaturan agar fitur pencarian hanya fokus pada file-file yang sering dicari atau memilih ektensi file yang sering Anda cari. Dengan begitu Windows akan scanning lebih spesifik dan waktu yang dibutuhkan tentunya semakin singkat dibandingkan mencari keseluruhan. Bagaimana cara mengaturnya? Berikut ini langkah-langkahnya:

Cara Cepat Mencari File di Windows

1. Pertama-tama, ketikkan Indexing Options pada kolom pencarian Windows.



Anda akan menemukan pengaturan pencarian Windows disini.


2. Klik Advanced lalu pilih tab File Types untuk memilih ektensi apa saja yang ingin Anda temukan saat mencari.



Jika Anda menggunakan laptop atau komputer hanya untuk pekerjaan kantor, Anda dapat mencentang ektensi dokumen dan arsip seperti pdf, doc, xls, txt, zip, rar, dan lain sebagainya. Namun jika komputer digunakan secara personal, Anda dapat mencentang lebih banyak termasuk ektensi file multimedia. Setelah selesai memilih ektensi file, klik OK.


3. Selanjutnya klik Modify untuk mengatur direktori apa saja yang Anda izinkan untuk dicari oleh pencarian Windows.



Anda dapat mencentang beberapa folder, tapi agar lebih efisien Anda cukup mencentang folder tempat dimana file-file Anda disimpan.


4. Selesai.


Dengan mengatur Indexing Options, fitur pencarian indows akan scanning lebih spesifik. Kecepatan pencarian Windows pun akan meningkat karena hanya menelusuri folder dan ektensi file yang telah dipilih saja.


CARA ALTERNATIF

Selain dengan mengatur Indexing Options, Anda juga bisa mengunakan software untuk melakukan pencarian file dan folder lebih cepat. Ada banyak software gratis yang memiliki fitur pencarian untuk menemukan file secara instan di Windows. Saya merekomendasikan dua software unggulan yang umum digunakan, yaitu Wise JetSearch yang dibuat oleh WiseCleaner dan Everything yang dibuat oleh Voidtools.

Kedua software pencarian file dan folder ini mampu melakukan pencarian dengan sangat cepat, bahkan kurang dari 3 detik sudah bisa menemukan yang Anda cari. Ditambah, Anda tidak perlu mengetikkan ektensi file untuk menemukan file spesifik, cukup dengan nama file atau folder.
Open Comments

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Mencari File di Windows Tanpa Loading"